Kamis, 21 September 2017

Wisata Banyuwangi - Menikmati Pesona Alam Kawah Ijen ( Ijen Crater ) yang Menakjubkan

Wisata Banyuwangi - Menikmati Pesona Alam Kawah Ijen ( Ijen Crater ) yang Menakjubkan


Wisata Banyuwangi - Pesona Alam Kawah Ijen ( Ijen Crater ) yang Menakjubkan

Hai guys kali ini saya akan membagikan pengalaman saya ketika saya berada di tempat wisata yang memiliki keindahan alam yang luar biasa yaitu Kawah Ijen. Nama wisata ini pasti sudah tidak asing lagi terdengar ditelinga kita. Kawah Ijen telah banyak dikenal oleh wisatawan lokal maupun asing. Tempat wisata ini tidak pernah sepi, setiap harinya selalu ada pengunjung yang datang. Kawah Ijen terletak di gunung Ijen. Untuk melihat Kawah Ijen kita harus mendaki gunung Ijen terlebih dahulu, start pendakian di buka pada pukul 03.00 wib.

Saat berada di Ijen saya bermalam di sana, saya bersama teman-teman mendirikan tenda. Tepat sebelum start pendakian dibuka kaki saya terasa sakit sekali, karena kaki saya terlalu lelah dan di tambah dengan dinginnya udara yang ada di sana tapi untungnya teman saya membantu, dia membuatkan api unggun agar saya dapat menghangatkan badan. Saat mendaki anda akan melewati jalur pendakian yang menanjak, bisa di bilang melelahkan bagi yang belum terbiasa mendaki seperti saya, tapi karna mimpi saya yang dari dulu ingin mendaki gunung dan ingin menikmati keindahannya, sakit yang ada tidak menghalangi niat saya untuk pendakian pertama saya. Semangat dan keinginan saya untuk melihat Kawah Ijen akhirnya terwujud.

Kawah Ijen atau gunung Ijen Banyuwangi terletak di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, dengan ketinggian puncak Gunung Ijen 2.443 meter di atas permukaan laut. Kawah Ijen merupakan kawah sebuah gunung ter-asam di dunia yang berwarna hijau kebiruan. Memiliki dinding kaldera setinggi 300-500 meter sedangkan luasnya mencapai 5.466 hektar. Untuk ukuran kawahnya sendiri kurang lebih 20 km. Kawah tersebut memiliki kedalaman sekitar 300 meter di bawah dinding kaldera. Kawah Ijen merupakan wisata yang sangat menakjubkan, Indonesia beruntung memilikinya. Keindahan alam yang di tawarkan sangat luar bisa, sepanjang perjalanan mendaki kita bisa menikmati pemandangan kompleks pegunungan Ijen.

Selain Kawahnya yang indah pada saat di kawah Ijen kita juga dapat menyaksikan fenomena Blue fire.Blue fire ini adalah api biru yang keluar saat gas vulkanik yang mengandung belerang panas bersuhu 660 derajat celcius terbakar saat bersentuhan dengan udara. Blue fire hanya bisa dilihat saat dini hari. Jika anda berniat untuk melihat blue fire anda harus mendaki lebih cepat saat start pendakian di buka. Jangan lupa saat berkunjung ke Kawah Ijen anda sebaiknya membawa masker, karena biasanya bau belerang yang kuat menyulitkan kita untuk bernafas. Bau belerang tidak selalu tercium hanya saja ketika tertiup angin bau belerang akan tercium sangat menyengat.

Blue Fire


Pada saat melakukan pendakian malam hari jangan lupa untuk membawa senter, karena tidak ada penerangan saat kita berada di gunung. Sebaiknya gunakan masker gas jika ingin turun ke kawah atau melihat Blue fire yang dapat menyaring uap belerang. Wisatawan dapat menyewa masker pada penambang belerang. Jangan sekali-kali menyentuh air kawah karna air danau Kawah Ijen sangat asam. Jangan terlalu lama di dalam kabut atau uap belerang jika tak tahan bisa mual-mual, pusing bahkan pingsan. Saat melakukan pendakian pada malam hari jangan lupa untuk memakai jaket dan sebaiknya menggunakan sepatu agar pendakian terasa nyaman. Sekali - kali cobalah untuk bermalam di sana atau mendirikan tenda pasti akan terasa sangat menyenangkan.

Sekian ulasan tentang Wisata Banyuwangi - Menikmati Pesona Alam Kawah Ijen ( Ijen Crater ) yang Menakjubkan semoga bermanfaat dan bisa menjadi refrensi bagi yang belum pernah ke Kawah Ijen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar