Kamis, 21 September 2017

Dasar Fotografi yang akan Meningkatkan Kemampuan Anda


Dasar Fotografi yang akan Meningkatkan Kemampuan Anda


Dasar Fotografi yang akan Meningkatkan Kemampuan Anda

Bicara tentang fotografi, fotografi adalah sebuah seni. seni tentang bagaimana kita menciptakan sebuah foto dengan penuh makna melalui sebuah kamera dengan melihat dari sudut pandang yang berbeda. Saat ini fotografi semakin mudah dilakukan oleh siapa saja dan dimana saja. Banyak orang yang ingin membuat foto - foto yang indah tanpa ingin mengetahui dasarnya. Namun tidak mudah untuk menciptakan hasil foto yang indah dan tidak ada cara instan atau cara cepat untuk itu. Anda membutuhkan proses dan kerja keras untuk mendapatkan hasil foto yang anda inginkan.

Belajar fotografi sebaiknya dimulai dari mengenali dasar - dasarnya terlebih dahulu atau step by step sehingga anda dapat menggunakan kamera anda secara maksimal. Agar nanti jika ingin melangkah ke tahap yang lebih sulit anda sudah mengerti apa yang harus anda lakukan.
berikut beberapa pengetahuan dasar tentang fotografi yang perlu anda ketahui :

1. Mengenal Kamera

Sangat penting untuk mengenali dan memahami fungsi - fungsi dari setiap tombol yang ada di kamera anda, karena anda yang akan mengendalikan kamera sesuai keinginan anda. kemampuan anda juga ditentukan dengan sebaik apa anda dapat menyeting kamera anda karena pada akhirnya setingan tersebutlah yang akan menciptakan indah atau tidaknya hasil foto yang telah anda jepret.


2. Mengenal Mode Pemotretan

Pada kamera DSLR terdapat banyak mode pemotretan yang memiliki macam - macam pilihan pengoprasian kamera. dimulai dari (Auto) hingga (Manual). Fungsi pada setiap mode pemotretan berbeda-beda. Sehingga anda dapat memilih mode pemotretan sesuai kebutuhan anda.

3. Memahami Eksposur

Saat memotret dengan minim cahaya atau terlalu kurang cahaya hasil foto anda akan menjadi terlalu gelap, dan sebaliknya jika terlalu banyak cahaya foto anda akan menjadi terlalu terang. Dari permasalahan tersebut beberapa detail pada foto akan hilang. Anda bisa menggunakan Aperture, Shutter Speed dan ISO untuk menghasilkan Exposure yang tepat.

4. Mengenal Lensa Pada Kamera

Lensa adalah salah satu dari dua komponen utama yang membentuk sebuah kamera. Setiap lensa kamera memiliki jenis yang beragam selain itu harganya cukup mahal. Jadi jangan sampai salah memilih lensa untuk kamera anda.

5. Memahami Teknik Dasar Fotografi

Teknik dasar fotografi ini perlu anda pelajari karena teknik ini akan sangat membantu saat dalam proses memfoto. Teknik dasar fotografi yaitu, teknik Pengambilan Gambar (Type of Shot) dan Sudut Pengambilan Gambar (Angle Kamera).

6. Menyusun Komposisi dalam Fotografi


Komposisi dalam fotografi adalah cara menyusun elemen-elemen obyek foto secara keseluruhan. Menyusun komposisi tidaklah mudah perlu berlatih dan pembiasaan agar kita terbiasa memotret dalam kondisi apapun sehingga dapat menciptakan komposisi yang sempurna.

7. Genre dalam Fotografi

Ada banyak genre atau aliran dalam fotografi yang dapat anda pelajari, jika anda belum menemukan anda lebih suka memotret dalam genre apa cobalah semua genre agar anda tahu perbedaan masing-masing pada setiap genre fotografi


Terus berlatih untuk mendapatkan hasil foto seperti yang anda inginkan.
Demikian ulasan mengenai Dasar Fotografi yang akan Meningkatkan Kemampuan Anda semoga bermanfaat.
SELAMAT BERKARYA..... :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar