Jumat, 18 September 2015

Kenapa Toko Dalam Status Moderasi Tokopedia?

Sedang berbelanja di tokopedia atau sebagai penjual di tokopedia kok kenapa ada status/pemberitahuan/peringatan:
Toko dalam status moderasi Demi keamanan dan kenyamanan Anda, kami sarankan untuk tidak melakukan transaksi secara langsung terhadap toko yang sedang dalam status moderasi. Tokopedia tidak bertanggung jawab atas segala transaksi yang terjadi di luar situs kami.



Atau jika toko tersebut dalam status pengawasan Admin Tokopdia, tentang berbagai aktifitas maupun transaksi yang sedang pemilik toko tersebut lakukan. maka akan muncul
Produk ini berada dalam pengawasan. Saat ini produk tidak dapat dipesan. Produk dapat kembali dipesan setelah pengawasan selesai dilakukan dan notifikasi ini menghilang.

Jika produk toko Anda dinyatakan dalam pengawasan, maka Anda perlu pastikan bahwa produk tersebut apa benar melanggar Syarat dan Ketentuan Tokopedia.

Tokopedia memerlukan waktu untuk mengetahui produk Anda terlebih dahulu agar dapat memastikan bahwa produk yang Anda jual tidak melanggar syarat dan ketentuan Tokopedia. Pada saat produk berstatus dalam pengawasan, pembeli tidak dapat memilih produk tersebut dan melakukan pemesanan.

Jika ingin mengkonfirmasikan hal ini, Anda dapat menghubungi Customer Care Tokopedia.


Tokopedia menyediakan etalase untuk toko online Anda secara gratis dan mudah dikelola. Hanya saja demi kenyamanan semua pengunjung, maka ada tindakan moderasi untuk produk-produk yang belum / tidak sesuai dengan kriteria etalase Tokopedia. Tindakan moderasi bisa berupa pemindahan produk ke gudang, moderasi toko (produk tidak tampil di directory maupun di hasil pencarian), penghapusan produk, hingga penutupan toko secara permanen.


Untuk itu berikut panduan menata etalase yang baik dan benar, yang bisa dijadikan acuan dan tips sehingga toko online Anda memiliki etalase yang baik. Berikut ini adalah penyebabnya kenapa muncul

Berjualan bukan beriklan

Produk pada etalase toko Anda adalah produk yang memang ingin Anda jual melalui media Tokopedia.
Tokopedia tidak berfungsi sebagai tempat promosi, tetapi berfungsi sebagai tempat terjadinya transaksi. Oleh sebab itu setiap produk yang ditata di etalase toko online Anda, haruslah merupakan produk yang memang ingin Anda jual melalui Tokopedia.
Beberapa hal yang termasuk pelanggaran untuk poin ini antara lain:
  • Memanfaatkan etalase produk Anda untuk iklan/MENGUNJUNGI ke website lain.
  • Deskripsi produk, foto produk, nama toko, deskripsi toko, tagline toko dan logo toko mengacu ke cara menghubungi Anda melalui media-media lain.
    Kami mengerti perlunya media komunikasi dengan pembeli, untuk itu kami telah menyediakan fitur Talk About It sebagai wadah diskusi dan tanya jawab yang transparan antara penjual dengan pembeli.
Harga adalah fixed-price

Harga yang Anda pasang adalah harga akhir diluar ongkos kirim, karena sistem Tokopedia otomatis menghitung semuanya dan membebankan kepada pembeli. Dengan harga fixed-price dan terendah yang bisa Anda berikan, transaksi bisa langsung terjadi tanpa harus terjadi tawar-menawar berkepanjangan yang pastinya akan membuang waktu Anda.

Penyesuaian kategori produk

Produk yang Anda jual haruslah sesuai dengan kategori produk yang tepat untuk memudahkan pembeli dalam mencari produk yang diinginkan. Jika Anda tidak memasukkan produk ke dalam kategori yang tepat, maka produk akan digudangkan.

Pisah produk berdasarkan model, warna, ukuran, dan harga dengan baik

Apabila anda memiliki produk dengan model, warna, atau ukuran yang berbeda, pisahlah masing-masing produk sesuai dengan model, warna, atau ukuran.
Hal ini akan memudahkan terjadinya order yang sudah jelas deskripsi barang yang diinginkan, sehingga tidak terjadi kesalahpahaman. Pembeli ketika memasukkan produk ke keranjang belanja, sudah dengan wujud model, warna, dan ukuran yang diinginkan.
Contoh menata produk pada etalase yang salah:
Penataan produk seperti ini salah

Contoh menata produk pada etalase yang benar:
Penataan produk seperti ini benar


Bisa dikirimkan dengan kurir-pengiriman yang didukung Tokopedia

Produk harus berwujud barang fisik yang bisa dikirimkan melalui kurir pengiriman yang didukung oleh sistem Tokopedia.

Salah satu metode verifikasi transaksi Tokopedia untuk pengalaman belanja yang lebih aman adalah penjual harus menginput nomor resi setelah mengirimkan barang, sehingga baik pembeli maupun penjual bisa melakukan tracking-order secara berkala untuk mengetahui status terakhir barang yang dibeli. Oleh sebab itu barang-barang yang diperdagangkan haruslah barang yang memang bisa dikirimkan melalui kurir pengiriman yang didukung oleh Tokopedia

Tidak Memajang & Bukan Barang  Bajakan Di Etalase Toko atau Pelanggaran Merk
Klik Link diatas, tunggu 5 detik, lalu klik  "SKIP AD"

Tidak berupa jasa

Tokopedia berfungsi sebagai mediator antara penjual dan pembeli dengan visi menyediakan tempat bertransaksi online yang lebih aman. Khusus kategori jasa, transaksi yang dilakukan tidak mudah diverifikasi. Oleh sebab itu untuk saat ini, kami belum bisa menerima etalase dengan produk yang termasuk kategori jasa.

Maksimal harga satuan produk adalah 25 juta rupiah

Batasan harga per produk adalah Rp. 25.000.000,-
Apabila Anda memiliki produk dengan harga diatas limit yang kami sediakan, untuk sementara belum bisa kami tampung di etalase Tokopedia.

Tidak bebas ongkos kirim

Jangan menata etalase dengan keterangan deskripsi Bebas Ongkos Kirim.
Ongkos kirim secara otomatis akan dihitung oleh sistem Tokopedia tergantung berat kemasan, asal toko, dan alamat tujuan pengiriman. Sehingga saat ini belum memungkinkan untuk memasarkan produk Anda dengan bebas ongkos kirim. Jika Anda berniat meniadakan ongkos kirim untuk barang Anda, maka silahkan mengurangi harga barang jualan Anda.


Barang Ready Stock

Barang Ready Stock dan tidak bersifat Pre Order.
Untuk saat ini, Tokopedia juga hanya mendukung penjualan barang yang sudah bersifat ready stock. Ke depannya kami akan menyediakan fitur Pre-Order juga. Hanya saja sebelum fitur tersebut kami sediakan, semua etalase yang dibangun di Tokopedia harus untuk barang yang memang sudah ready stock.


PENATAAN ETALASE

  1. Penjual dilarang mempergunakan etalase (termasuk dan tidak tebatas pada informasi toko dan informasi barang) sebagai media untuk beriklan atau melakukan promosi ke halaman situs lain diluar situs Tokopedia.
  2. Penjual dilarang memberikan data kontak pribadi dengan maksud untuk melakukan transaksi secara langsung kepada Pembeli / calon Pembeli.
  3. Penjual dilarang memberikan keterangan (informasi toko dan/atau Barang) selain/diluar daripada keterangan toko dan/atau Barang yang bersangkutan.
  4. Penjual wajib memisahkan tiap-tiap Barang yang memiliki warna, ukuran, dan harga yang berbeda. Tidak boleh ada barang/produk yang sama
  5. Penjual tidak diperkenankan memperdagangkan jasa, atau Barang non-fisik.
  6. Batasan harga maksimal satuan untuk Barang yang dapat ditawarkan adalah Rp.50.000.000,-
  7. Tokopedia memiliki kewenangan mengambil-alih sub-domain toko Penjual jika akun Penjual sudah tidak aktif lebih dari 1 tahun, dan/atau pemilik merek dagang resmi (sesuai dengan Daftar Umum Merek di Indonesia) dengan nama yang sama dengan sub-domain Penjual melakukan klaim terhadapnya dikarenakan mereka ingin menggunakan sub-domain tersebut.
  8. Tokopedia memiliki kewenangan untuk mengubah nama dan/atau memakai nama Toko dan/atau domain Pengguna untuk kepentingan internal Tokopedia.


JENIS BARANG


Sebelum melakukan transfer atau bertransaksi di Tokopedia, perhatikan hal-hal berikut, agar uang yg kamu transfer tidak tertahan atau tak bisa ditarik ke Rekening alias Hangus
  • Jika kamu sebagai PENJUAL: Perhatikan barang-barang yg akan kamu JUAL
  • Jika kamu sebagai PEMBELI. Perhatikan barang-barang yg akan kamu BELI

Berikut ini adalah daftar jenis kategori Barang yang dilarang untuk diperdagangkan/diperjualbelikan di Situs Tokopedia:
  1. Segala jenis kosmetik, obat - obatan termasuk obat - obatan terlarang sebagaimana diatur dalam Undang - Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, terutama obat dan zat lain, terlepas dari apakah kepemilikan dan pemasaran zat dan bahan kimia tersebut dilarang oleh hukum atau tidak, obat - obatan yang memerlukan resep dokter, obat bius dan sejenisnya, makanan, dan minuman yang membahayakan kesehatan dan keselamatan penggunanya, serta tanpa izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).
  2. Media berbentuk CD/DVD/VCD, atau media rekam lain yang bertentangan dengan undang-undang hak cipta. Termasuk di dalamnya adalah yang memuat film, musik, permainan (game), atau perangkat lunak (software) bajakan.
  3. Barang dewasa penunjang kegiatan seksual termasuk namun tidak terbatas pada obat kuat, obat perangsang, alat bantu seks, Barang berbau pornografi, dan obat-obatan dewasa, kecuali untuk alat kesehatan (kontrasepsi) yang diizinkan untuk diperjual belikan oleh peraturan hukum yang berlaku di Indonesia.
  4. Minuman beralkohol.
  5. Iklan.
  6. Segala bentuk tulisan yang dapat berpengaruh negatif terhadap pemakaian situs ini.
  7. Pakaian dalam bekas.
  8. Senjata api, senjata tajam, dan segala macam senjata.
  9. Dokumen pemerintahan dan perjalanan.
  10. Seragam pemerintahan.
  11. Bagian/Organ manusia.
  12. Mailing list dan informasi pribadi.
  13. Barang-Barang yang melecehkan pihak/ras tertentu atau dapat merendahkan martabat orang lain.
  14. Pestisida.
  15. Atribut kepolisian.
  16. Barang hasil tindak pencurian.
  17. Pembuka kunci dan segala aksesori penunjang tindakan perampokan/pencurian/kejahatan.
  18. Barang yang dapat dan atau mudah meledak, menyala atau terbakar sendiri.
  19. Barang cetakan/rekaman yang isinya dapat mengganggu keamanan & ketertiban serta stabilitas nasional.
  20. Hewan.
  21. Uang tunai.
  22. Perlengkapan dan peralatan judi.
  23. Jimat-jimat, benda-benda yang diklaim berkekuatan gaib dan memberi ilmu kesaktian.
  24. Barang dengan hak Distribusi Eksklusif yang hanya dapat diperdagangkan dengan sistem penjualan langsung oleh penjual resmi dan/atau Barang dengan sistem penjualan Multi Level Marketing.
  25. Segala jenis Barang lain yang bertentangan/membahayakan dengan peraturan jasa ekspedisi pengiriman Barang Indonesia.
  26. Barang-Barang lain yang melanggar ketentuan hukum yang berlaku di Indonesia.


    Jika kamu sebagai pihak yang dirugikan oleh Toko pada Tokopedia, entah mengenai hak cipta, hak jual atau lainnya, kamu bisa menghubungi akun Facebook, Twitter atau email resmi Tokopedia disertai bukti, foto maupun video untuk nanti ditindaklanjuti atau dibawa ke ranah hukum/pengadilan, sertakan LINK WEB URL TOKO/PRODUK TERSEBUT saat melapor ke Akun sosial media Tokopedia seperti facebook atau Twitter nya

    Atau jika hal yang serius, kamu juga bisa membawa pemilik toko (penjual) maupun situs Tokopedia keranah hukum/pengadilan dan meminta ganti rugi perihal laporan hak cipta yang tidak direspon atau tidak ditindaklanjuti. atau Toko yang dilaporkan masih bisa berjualan di Tokopedia dan jangn lupa sertakan screenshoot foto toko yang melanggar tersebut

    Jika kamu menang di pengadilan atas gugatan yang dilayangkan ke Tokopedia, mungkin kamu bisa menang ratusan juta, Milyaran atau Triliyunan sesuai tuntutan hukum yang dilayangkan kepada pemilik Toko yang dilaporkan juga pada Pihak Pembeli (Customer) yg membeli Produk tersebut ataupun pada Tokopedia sebagai uang ganti rugi

    Bisa-bisa kamu kaya mendadak, kan lumayan bwt modal nikah ^-^

    karena toko penjual dan juga pembeli di Tokopedia memiliki data telepon, Nomor Invoice transaksi maupun rekening bank yang akan mudah ditelusuri pemiliknya untuk dimeja hijaukan



    Kenapa Toko saya dimoderasi?
    Tokopedia melakukan moderasi terhadap toko-toko yang dianggap telah melanggar syarat dan ketentuan Tokopedia. Jika toko dimoderasi, kamu bisa langsung klik tombol Mohon Buka yang ada di halaman toko. Tulis permohonan untuk membuka toko kembali di kolom keterangan, lalu klik Simpan.

    Admin tokopedia akan megecek ulang apakah toko milik kamu tidak melakukan pelanggaran. Jika melakukan pelanggaran berulang/diulangi maka Toko kamu akan di Moderasi Permanen sehingga uang dana/saldo/transaksi tidak bisa diambil ke rekening dengan kata lain Hangus
    Info lengkap seputar moderasi toko, silakan hubungi Customer Care Tokopedia


    Jika kamu sebagai pembeli

    • Berhati-hatilah bertransaksi dengan toko yg muncul status tersebut, jika tidak ingin kena tipu, barang tidak sesuai (cacat, rusak,dan lainnya), pernah bermasalah dengan pembeli di tokopedia. 
    • Jangan lakukan transaksi dengan toko tersebut & transfer apalagi ke rekening diluar sistem Tokopedia apalagi via NO HP/PIN BBM dan sejenisnya. 
    • Hindari membeli/bertransaksi barang yg dilarang dijual/belikan di Tokopedia yang sudah disebutkan diatas jika tak ingin terkena / ikut-ikutan masalah hukum. karena data kamu akan ada di datasbe Tokopedia dan juga saat kamu memberi Review/Ulasan produk tersebut, jik suatu saat dimeja hijaukan

    Jika  kamu sebagai penjual

    • Berhati-hati menjual/memajang produk di etalase toko kamu, Lampirkan Foto fisik barang yang akan dijual dengan benar, bukan foto milik orang lain.  Karena foto tersebut bisa mengandung hak cipta yang mungkin dilaporkan oleh pemilik foto aslinya ke jalur hukum
    • Jaga kepercayaan pelanggan, kualitas produk, hubungan/layanan dengan pembeli. Solusi/Garansi jika barang rusak/hilang oleh kurir atau salah kirim barang. 
    • Jangan membuka dua toko atau Lebih di Tokopedia
    • Jangan melakukan kecurangan terhadap pembeli. 
    • Harus online minimal setiap hari, minimal untuk merespon pembeli. 
    • Jangan menggunakan Nama Toko yang sudah memiliki Hak Cipta
    • Segera input resi ke Tokopedia setelah diverifikasi, Cek ulang Resi yang dimasukan agar sesuai dan tidak terjadi salah input/ketik ke sistem Tokopedia
    • Jangan memasukan Nomer Resi Fiktif atau Resi Palsu. Sistem Tokopedia terhubung otomatis dengan beberapa sistem tracking jasa pengiriman barang.


    sayang sekali jika Reputasi/Bintang sudah banyak, review, dan juga penjualan produk sudah banyak, tapi harus kena status moderasi tersebut. atau bahkan akun tokopedia, nomer rekening tabungan kalian di blokir, dan uang dikembalikan ke pembeli sementara barang sudah dikirim. atau Transaksi dan juga Saldo/Uang akan/bisa hangus !!


    Terhitung mulai 14 Maret 2016, TOKO kamu otomatis akan dinon-aktifkan otomatis oleh sistem TOKOPEDIA 

    jika kamu tidak login ke TOKOPEDIA dalam waktu 7 hari. 

    Usahakan Tokomu login minimal 2 kali dalam sehari, dan membalas diskusi/inbox dari customer.


    Kebijakan dan juga hal-hal lainnya yang tidak boleh dilakukan silahkan kunjungi situs resminya disini https://www.tokopedia.com/terms.pl


    Kalau kamu sebagai pembeli, lebih baik kirim email Tokopedianya
    sertakan Nomer Invoice juga kronologi kejadiannya.
    Biasanya 1 x 24 jam akan dibalas..
    Sertakan Nama Tokonya dan juga Link Produk tempat transaksi Toko pesanan kamu di Moderasi

    (Klik Link diatas, tunggu 5 detik, lalu klik  "SKIP AD")


    Semoga membantu.. ^-^


    Say Thanks!

    Kumpulkan DOLLAR KE AKUN  PAYPALMU !! (DISABLE ADBLOCK PLUS, REFRESH)









    references by
     http://adfoc.us/30410156394134

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar