Kamis, 25 Januari 2018

Apa itu game MOBA? Bedanya dengan game RPG/MMORPG

Game saat ini tidak hanya bisa dimainkan seorang diri saja, banyak game saat ini yang dibuat agar bisa dimainkan bersama teman ataupun orang lain secara online, salah satunya adalah game dengan genre MOBA.

Apa itu game MOBA? Bedanya dengan game RPG/MMORPG

Dulu genre game MOBA ini sudah pernah booming tidak hanya di indonesia tapi juga dunia. Yup game DOTA adalah game genre MOBA yang pernah booming di dunia bahkan sampai sekarang pun masih banyak pemain aktif yang tidak hanya bermain bahkan sampai turnamen dengan hadiah ratusan miliyar loh. Tapi karena game ini hanya tersedia di perangkat PC jadi kamu tidak bisa memainkannya di hp kamu. Dan juga karena grafiknya yang bagus kamu tentu harus mempunyai PC dengan spek yang mumpuni agar dapat enjoy memainkan game ini.

Nah, pada tahun 2017 kemarin game dengan genre ini kembali membooming di tanah air ketika game Mobile Legend ini menjadi game MOBA pertama di Android, disusul dengan AOV dengan iming iming hadiah 7M nya. Tidak dapat dipungkiri lagi kalau smartphone adalah alat kebutuhan yang harus dimiliki, bahkan anak SD jaman sekarang pun sudah banyak yang memiliki smartphone entah itu Android ataupun Iphone.

Nah kembali ke topik, apa sih game MOBA itu?

Secara singkat MOBA adalah kepanjangan dari Multiplayer Online Battle Arena, Juga dikenal sebagai action real-time strategy (ARTS), yang merupakan game strategi yang berasal dari subgenre Real-time strategy (RTS).

Sedangkan singkatang MOBA sendiri adalah Multiplayer Online Battle Arena atau dengan kata lain adalah game strategi yang mengharuskan pemain mengontrol satu karakter game dalam sebuah tim pada sebuah arena.

Dengan gameplay yang mengharuskan 2 tim bertanding untuk menghancurkan strategi musuh mereka untuk menang, walaupun dalam beberapa kasus/kondisi ada sebuah opsi untuk meraih kemenangan dengan cara yang berbeda.

Lalu apa bedanya game MOBA dengan RPG ataupun MMORPG?

RPG merupakan genre game dengan gameplay yaitu menjalani serangkaian cerita objective, dengan seorang tokoh custom atau tertentu. Sedangkan MMORPG merupakan genre game dengan gameplay sama seperti RPG tapi bermain secara multiplayer online dengan masing - masing pemain memerankan peran yang berbeda.

Nah bila RPG atau MMORPG mengharuskan pemainnya untuk menyelesaikan objective / misi yang disediakan sedangkan MOBA itu bisa dibilang gabungan dari RPG dan MMORPG yang memiliki arena tempur untuk melawan 1 atau lebih tim secara online.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar