Minggu, 21 Januari 2018

7 Perbedaan Whatsapp Business Dengan Whatsapp Messenger

7 Perbedaan Whatsapp Business Dengan Whatsapp Messenger

WhatsApp telah resmi merilis WhatsApp Business setelah pada bulan September 2017 lalu memperkenalkannya dalam versi beta. Dan kabar baik bagi kita karena Indonesia menjadi negara Asia pertama yang sudah bisa mencicipi WhatsApp Business di platform Android bersama dengan empat negara lain yaitu Italia, Meksiko, Inggris, dan Amerika Serikat.

Lalu apa perbedaan WhatsApp Business dengan WhatsApp Messenger biasa? Seperti namanya, platform yang berdiri sendiri ini menyasar kalangan pebisnis, mulai dari perusahaan besar hingga UKM. WhatsApp Business memungkinkan pebisnis lebih komunikatif dengan konsumennya, serupa dengan konsep yang di usung dalam aplikasi Line.

Berikut adalah beberapa perbedaan antara WhatsApp Business dengan WhatsApp Mesengger biasa.

1. Perbedaan logo

WhatsApp Business menggunakan logo berhufur kapital "B" dengan warna hijau khas WhatsApp. Logo ini berbeda dengan WhatsApp Messenger yang terkenal dengan logo gambar telepon.

2. Dapat menggunakan dan menambah nomor telepon rumah atau kantor

Berebeda dengan WhatsApp Messenger yang menggunakan nomor ponsel kamu sendiri, WhatsApp Business bisa menggunakan sekaligus menambahkan nomor telepon rumah atau kantor meskipun sah - sah saja menggunakan nomor pribadi kamu. Namun WhatsApp menyarankan untuk tidak mengganti - ganti nomor yang sudah dipakai pada WhatsApp Business.

Menggunakan WhatsApp Business dan WhatsApp Mesenger dalam satu perangkat yang sama bisa saja dilakukan, namun harus diperhatikan! nomor yang digunakan untuk masing - masing aplikasi tersebut haruslah berbeda.

3. Bisa membalas pesan secara otomatis

Fitur ini memungkinkan pebisnis untuk menyetel balasan otomatis jika mendapat pertanyaan yang sama dari konsumen. Pengeturan ini juga bisa digunakan untuk mengirim pesan otomatis untuk menyambut konsumen baru. Fitur ini tentu tidak bisa kamu temukan di aplikasi WhatsApp Messenger yang bertujuan personal.

4. Melihat statistik pesan terkirim dan diterima

Dengan fitur ini pebisnis bisa melihat statistik pesan terkirim dan pesan yang diterima. Tentu saja fitur ini tidak bisa ditemukan di WhatsApp Messenger dimana malah para pengguna justru menyembunyikan informasi jika pesan telah dibaca.

5. Bisa memilih kategori bisnisnya.

Selain menginformasikan profil perusahaan, seperti jam operasional, situs resmi, dan lokasi, pebisnis juga bisa memilih kategori bisnis yang tersedia. Tidak melulu perusahaan besar, WhatsApp Business juga tebuka bagi UKM dan usaha kecil lainnya. Jika kategori bisnis tidak terdapat di pilihan yang disediakan, pebisnis bisa memilih kategori "Others/ Lainnya".

6. Tanda verifikasi

Tidak seperti WhatsApp Messenger yang tidak ada proses verifikasi, WhatsApp Business akan melakukan verifikasi pada akun pebisnis. Berbeda dengan tanda verifikasi di Instagram atau Twitter, akun yang telah diverifikasi olek WhatsApp Business akan diberi tanda verifikasi berupa tanda centang berwarna hijau.

"Jika anda melihat lencana hijau di sebelah nama kontak, itu berarti WhatsApp telah memverifikasi jika nomor tersebut adalah benar milik perusahaan" Jelas pihak WhatsApp pada blog resminya.

7. Mengkategorikan pesan masuk menggunakan label

Fitur ini merupakan fitur baru yang sebelumnya belum ada di versi betanya. Dengan label, pebisnis bisa mengkategorikan pesan masuk tertentu sehingga komunikasi dengan konsumen lebih terorganisir.

Nah itu tadi 7 perbedaan antara Whatsapp Business dengan WhatsApp Messenger versi biasa. Kalau kalian tertarik ingin menggunakannya kalian bisa mengunduhnya melalui link berikut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar