Senin, 12 Februari 2018

Ponsel 5G Akan Segera Dirilis!

Ponsel 5G Akan Segera Dirilis!

Sepertinya baru kemarin teknologi 4G datang ke Indonesia, eh sekarang sudah mau muncul aja generasi selanjutnya, teknologi 5G. Tak bisa dipungkiri memang teknologi kita itu berkembang cepat, baru saja keluar rumah eh ada aja teknologi baru.

Mungkin kalian sudah mendengar kalau teknologi 5G sudah ditemukan, namun pertanyaannya "Kapan kita dapat menikmatinya?" Qualcomm saat ini sudah bekerja sama dengan 18 Original Equipment Manufacturer (OEM) untuk merilis perangkat dengan modem Qualcomm Snapdragon X50 5G NR (New Radio) pada tahun 2019 mendatang. Mereka semua nantinya akan menyiapkan perangkat baik itu smartphone, tablet, ataupun modem dengan koneksi 5G, dan dijual secara komersil. Namun sayangnya raksasa teknologi seperti Apple, Huawei, ataupun Samsung tidak ikut serta dalam kesepakatan ini. Samsung dan Huawei lebih memilih untuk mengembangkan teknologi 5G miliknya sendiri seperti halnya pada saat 4G LTE rilis dulu.

Modem Snapdragon X50 5G NR sendiri diklaim memiliki keunggulan kecepatan hingga 5gigabit per detiknya, dan berjalan pada gelombang 28 Ghz dan bandwith hingga 800 MHz via 8x100 Mhz carrier aggregation. Saya tidak begitu tahu tentang gelombang ini namun mengingat kecepatan yang hingga 5gigabit per detik ini saya rasa sudah cukup sekali untuk kebutuhan sehari - hari saya. Wkwkwk.

Saat ini lembaga 3GPP yang mengatur standarisasi seluler, telah menyepakati standar yang digunakan dalam 5G. Spesifikasinya, 5G akan mencangkup mulai dari frekuensi 600 dan 700 MHz hingga spektrum tinggi 50 GHz.

Pada era 5G, pengguna akan bisa merasakan sensasi virtual reality, augment reality, hingga exended reality yang lebih memuaskan dengan koneksi yang lebih cepat. Pengguna juga bisa merasakan akses video UHD dan video 360-derajat yang cepat. Dan saya rasa program NVIDIA Geforce Now dari NVIDIA ini akan bakal terwujud karena teknologi 5G ini, yah semoga saja. Koneksi 5G ini juga dikatakan mampu bersaing dengan kecepatan yang ditawarkan oleh kaber fiber optic.

Dan kabarnya teknologi 5G ini akan mulai dikomersialkan pada tahun 2019 mendatang. Sepertinya kita harus menunggu lagi untuk merasakan koneksi super cepat ini, dan tentunya saya berharap agar kuotanya tidak terbagi bagi, AMIN.

Jadi, bagaimana pendapat kamu mengenai teknologi 5G ini? tulis dikolom komentar ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar