Jumat, 16 Februari 2018

7 Aplikasi Android Boros Kuota

 7 Aplikasi Android Boros Kuota

Walaupun kita sudah masuk ke era internet yang dimana - mana harus terhubung ke internet yang sebenarnya bertujuan untuk memudahkan aktivitas kita. Namun yang jadi kendala adalah harga yang harus dibayarkan untuk mengakses internet itu sendiri menjadi beban bagi sebagian orang. Apalagi untuk kalangan pelajar dan mahasiswa yang belum memiliki pekerjaan dan juga hidup dengan uang pas - pasan. 

Walaupun kita mampu untuk membeli kuota internet atau setidaknya bisa terhubung ke internet berkat numpang wifi tetangga apa yang terjadi? berbagai aplikasi langsung menggerogoti kuota kalian. Hal ini bukan hanya akan berdampak terhadap kuota kalian yang cepat habis namun juga dapat membuat penyimpanan smartphone kalian cepat penuh dan parahnya mungkin karena terhubung dengan internet mungkin saja smartphone kalian bisa disisipi virus yang mengambil data - data penting kalian.

Nah untuk mencegah hal buruk tadi saya punya daftar aplikasi yang memakan banyak kuota yang bisa berguna untuk meminimalisir kuota kalian cepat habis. 

1. Youtube

 7 Aplikasi Android Boros Kuota
Aplikasi ini memang saya akui berguna sekali buat saya untuk mencari bahan referensi, menonton tutorial atau hanya sekedar menonton video - video lucu. Namun karena hal tersebutlah kuota saya menjadi cepat habis. Saran saya kalau memang tidak perlu dan juga kalau kalian punya kuota mepet jangan sampai pergi ke situs/ aplikasi ini. Atau bila memang terpaksa harus ke youtube kalian bisa pergi ke tempat yang tersedia wifi gratisnya atau kalian bisa menonton dengan resolusi 360p / 480p.

2. Netflix

 7 Aplikasi Android Boros Kuota
Aplikasi ini hampir sama seperti youtube namun disini kalian juga bisa menonton film - film dengan membayar sejumlah uang untuk berlangganan tiap bulannya. Kalau memang punya uang sedikit sebaiknya lupakanlah untuk memakai aplikasi ini. Mending duitnya disimpen buat tabungan pernikahan hahaha.

3. Google Play Store

 7 Aplikasi Android Boros Kuota
Sebenarnya aplikasi ini relatif sih, kalau kalian tidak memerlukan aplikasi yang sebenarnya enggak butuh - butuh banget ya enggak usah di download lah. Namun yang jadi masalah adalah apabila kita sudah mendownload aplikasi dari Play Store atau mungkin ada aplikasi yang sudah nempel ketika pertama kali beli hp, ada satu fitur yang membuat kuota kalian bakal ludes dalam sekejap. 

Fitur itu adalah fitur "Auto Update". Sebenarnya fitur ini ada agar aplikasi kalian selalu update tanpa harus meng-updatenya satu persatu. Namun bagi pengguna kuota seperti saya hal ini malah merugikan saya. Kalian tenang saja karena fitur ini bisa dinonaktifkan dengan cara pergi ke Pengaturan -> Pilih Auto Update apps -> lalu pilih "Do not auto-update apps."

 7 Aplikasi Android Boros Kuota


4. Instagram

 7 Aplikasi Android Boros Kuota

Siapa dari kalian yang suka main Instagram? dibalik popularitasnya sebagai sosial media yang hampir menyamai Facebook, Instagram ternyata juga biang dibalik cepatnya kuota kalian habis, dikarenakan di instagram itu isinya cuman gambar dan video, tidak ada yang pure tulisan saja. Karena isinya yang cuman gambar dan video itulah yang menyebabkan kuota kalian cepet habis.

5. Facebook

 7 Aplikasi Android Boros Kuota

Aplikasi ini sama seperti Instagram namun disini bukan hanya gambar dan video saja namun juga bermacam macam file bisa dibagikan disini. Saya sendiri pun masih sangat aktif menggunakan sosial media ini bahkan lebih aktif pakai Facebook ketimbang Instagram. Solusinya agar kuota kalian hemat sih saran saya gunakanlah aplikasi Facebook Lite yang bisa didownload di play store atau kalian juga bisa menggunakan layanan gratis menggunakan Facebook dari Indosat dan Telkomsel namun dengan catatan kalian tidak bisa melihat gambar dan video yang dibagikan.

6. Spotify

 7 Aplikasi Android Boros Kuota

Aplikasi streaming lagu yang sudah jelas lah ya kenapa aplikasi ini boros kuota, apalagi kalian harus membayar untuk berlangganan tiap bulan. Ada sih versi gratis namun tentu akan ada fitur yang di matikan untuk pengguna dengan versi gratis dan juga kalian harus mendengarkan iklan setiap beberapa menit. Kalau memang punya kuota dan uang mepet saran saya enggak usah pakai aplikasi ini. Cukup pakai radio saja kalau mau mendengarkan lagu, lagian pakai radio juga enggak pakai koneksi internet.

7. Twitter

 7 Aplikasi Android Boros Kuota

Aplikasi jejaring sosial yang sama seperti Facebook ataupun Instagram walaupun di Indonesia tidak begitu terkenal dibanding Facebook atau Instagram namun di luar negri jejaring sosial ini cukup terkenal loh bahkan bisa menyaingi Instagram. Dan saran dari saya kalau memang tidak punya kepentingan ya enggak usah dipakai.

Itu tadi 7 aplikasi android yang bisa membuat kuota kalian cepat habis, sebenarnya masih banyak aplikasi - aplikasi sejenis namun karena banyak jadi saya pilih beberapa saja. Kalau menurut kalian, manakah aplikasi yang paling boros kuota? tulis pendapat kalian di kolom komentar ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar