Sabtu, 15 Juli 2017

Cara Mengatasi Sinyal Hp Hilang Sebab Kartu Sim Tidak Terbaca

Sinyal hp android sering hilang - Bagaimana cara mengatasi kartu sim tidak terbaca pada hp android ? Sebagai pengguna hp android tentu anda pernah mengalami kejadian dimana tiba - tiba kartu sim tidak terbaca di android yang menjadikan sinyal ponsel android tersebut menjadi menghilang secara total. Munculnya suatu notifikasi ibarat "Insert SIM Card", "SIM Not Accepted" atau "SIM Not Valid" itu sesungguhnya ialah merupakan akhir dari hp android tidak bisa mendeteksi kartu sim namun perlu untuk anda ketahui juga terkadang kartu sim tidak terbaca sehabis root ponsel android tersebut. Lemahnya suatu sinyal memang sering dialami para pengguna smartphone, namun adakah cara mengatasi sinyal hp tidak stabil padahal sudah memakai kartu sim 3g ataupun 4g.

Banyak faktor yang sanggup menjadi penyebab kartu sim card tidak terdeteksi di hp android, salah satunya lantaran terlalu sering mengganti kartu sim salah satunya sehingga terjadinya konsleting. Handphone yang tidak membaca kartu SIM juga sanggup berasal dari konektor sim card yang aus oleh lantaran itu konektor tidak bisa membaca lagi chip dari kartu SIM sehingga menjadikan jaringan hp tidak terdeteksi. Lalu cara memperbaiki konektor sim card rusak pada ponsel android ? Sebelum kita mencari cara memperbaiki sinyal hp yang sering hilang, perlu kita lakukan suatu pengecekan terlebih dahulu mengenai duduk kasus kartu sim tidak terbaca oleh ponsel android.

Jika sinyal hp masih sering naik turun dan bahkan tidak muncul padahal anda sudah mencoba dengan mengganti kartu sim 3g yang ada pada hp sebelumnya ke smartphone android yang gres maka anda perlu mencoba dengan cara yang lain untuk mendapatkan sinyal 3g anda kembali. Oleh lantaran itu kami akan mencoba menyebarkan tips untuk mengetahui penyebab dan cara memperbaiki sim card tidak terbaca di ponsel android yang menjadikan sinyal hp menjadi sering hilang. Untuk itu mari pribadi saja bersama kita mengulas ihwal permasalahan cara mengatasi kartu sim tidak terdeteksi di android yang sudah kami rangkum selengkapnya di bawah ini.

Cara mengatasi sinyal hp hilang lantaran kartu sim tidak terbaca


cara mengatasi kartu sim tidak terbaca pada hp android Cara Mengatasi Sinyal HP Hilang Karena Kartu SIM Tidak Terbaca

Namun sebelum kita mulai membahas mengenai duduk kasus sinyal hp android yang hilang timbul lantaran kartu sim tidak terbaca, alangkah lebih baiknya kalau kita telebih dahulu mengetahui apa penyebab sinyal android tersebut tidak muncul. Mari kita simak penyebab sinyal hilang tersebut selengkapnya dibawah ini :

  • Sinyal sedang tidak tersedia di tempat anda. Sebagai pola sinyal 3 sering hilang dirumah anda dikarenakan jauh dari pemancar juga berpengaruh.
  • Smartphone anda di setting ke mode hanya mendapatkan jaringan 3G
  • Sinyal HP hilang sehabis jatuh
  • Jaringan sinyal operator naik turun atau tidak konsisten
  • Faktor cuaca yang biasanya lantaran hujan yang menciptakan sinyal menjadi lemah
  • Terjadi kerusakan pada software atau hardware anda
  • Ada aplikasi pihak ketiga yang menciptakan masalah
  • Sedang dilakukanya pemadaman sinyal oleh operator

Cara mengatasi kartu sim tidak terbaca pada hp android maupun tablet :


1. Tukar Kartu dan Ponsel
  • Jika hal diatas masih juga belum sanggup mengatasi kartu sim tidak terbaca, bisa dengan memasukkan kartu SIM lain ke dalam ponsel. 
  • Jika terbaca artinya kartu SIM anda yang rusak. Atau lakukan sebaliknya, masukkan kartu SIM anda ke HP atau Tablet lain, kalau terbaca berarti konektor pada hp anda yang rusak, kalau sama tidak terbaca berarti perlu ganti kartu SIM. 
  • Solusinya tiba ke Galeri(indosat) atau Grapari(telkomsel) sesuai provider anda dan minta kartu baru. Jangan lupa membawa KTP, akan diganti dengan kartu gres namun dengan nomor yang sama.

2. Periksa Konektor pada Tempat Kartu SIM
  • Langkah pertama ialah mengecek konektor dengan cara membersihkan. 
  • Gosok perlahan pada ujung-ujung konektor dan periksa apakah masih normal secara visual ( tidak ada yang bengkok atau aus).
  • Kemudian periksa sambil dibersihkan secara perlahan semoga kotoran atau kerak yang melekat sanggup hilang. Untuk membersihkan sanggup memakai larutan minyak kayu putih yang diteteskan pada ujung cotton bud.

3. Periksa Pada Kartu SIM
  • Biasanya pada kartu SIM yang sudah terlalu usang akan timbul titik-titik bekas konektor, kemudian lakukan pencucian ibarat cara diatas pada chip kartu SIM anda. Bersihkan pada pecahan chip kartu sim lantaran kerak yang melekat menjadi penyebab menutup koneksi ke Ponsel. Setelah itu pasang kembali.

Jika dari ketiga cara diatas masih saja belum berhasil ada kemungkinan sinyal hp android anda hilang berasal dari konektor antena handphone anda. Maka dari itu kami akan coba berikan sebuah cara memperkuat sinyal hp android anda semoga sanggup memperkuat sinyal / jaringan ponsel android anda yang hilang, berikut tutorialnya :

Langkah pengecekan


1. Coba periksa terlebih dahulu komponen antena dan konektor antena.

Pastikan tidak ada yang terputus. Apalagi bila ponsel anda merupakan ponsel dengan antena dalam, berafiliasi dengan PCB atau mainboard melalui dua pointer kontak yang elastis. Bila kedua pointer kontak ini mengalami kontak yang jelek, duduk kasus yang muncul ialah tidak adanya jaringan (no network) dan penerimaan sinyal yang buruk bahkan sinyal hilang (no signal). Khususnya dengan mesin yang terbentur atau jatuh ke dalam air, kontak yang buruk dan oksidasi akan terjadi pada pointer kontak. Saklar antena ialah satu-satunya jalan untuk rnenerima dan mengirim sinyal, kalau rusak atau penyolderan pin-nya rusak, akan muncul duduk kasus tidak adanya network atau transmisi.

2. Coba cari jaringan pada ponsel dengan metode manual.

  • Jika dengan metode manual ini gagal dalam mencari jaringan, jadi kita bisa pastikan ada duduk kasus dalam IC RF (HAGAR), gantilah IC RF (HAGAR) ini maka duduk kasus akan selesai.
  • Jika mencari jaringan dengan metode manual pada ponsel kita hanya mendapatkan 1 (satu) operator/penyedia jasa layanan selular saja, maka ada duduk kasus dengan IC VCO, gantilah IC VCO ini maka duduk kasus akan selesai.
  • Jaringan sanggup dicari dengan metode manual tetapi adakala gagal, bahkan tidak sanggup terhubung juga dengan jaringan. Gejala ini disebabkan duduk kasus IC RF (HAGAR), IC AUDIO (COBBA). Jika modul COBBA menampakkan adanya kesalahan, kemungkinan besar memang disebabkan oleh penyolderan BGA-nya dan unit-unit di sekitarnya yang buruk, atau kekurangan arus, sedangkan kebanyakan duduk kasus HAGAR dikarenakan unit-unitnya buruk.

3. Apabila tidak ada duduk kasus dengan metode manual, periksalah jalur arus dari battery ke IC PA.

Jika tidak ada duduk kasus dengan jalur selanjutnya kita periksa apakah komponen IC PA berfungsi dengan baik. Kita bisa gunakan multitester untuk menguji IC PA, kalau ternyata IC PA tidak berfungsi dengan baik, kita ganti IC PA ini maka duduk kasus akan selesai.
Setelah pengujian dan perbaikan pada hardware yang telah kita lakukan namun  sinyal tetap tidak ada / hilang, maka kita beranjak pada softwarenya. Kita flash ponsel sesuai dengan jenis ponsel dan versi software ponsel sebelumnya ataupun dengan versi software yang lebih gres ( upgrade). Masalah sinyal yang tidak stabil / hp tidak ada sinyal terkadang bisa memusingkan kita tatkala sedang membutuhkan fungsi ponsel untuk melaksanakan panggilan yang terhitung penting. Sesungguhnya terdapat 2 penyebab sinyal hp tidak mau muncul, yaitu  :
  1. Kualitas sinyal dari BTS operator yang lemah dan kondisi ponsel itu sendiri yang memang mempunyai duduk kasus di dalamnya.
  2. Jika pancaran sinyal BTS memang tidak mempunyai duduk kasus sama sekali maka bisa dipastikan, duduk kasus yang terjadi disebabkan oleh ponsel.

Baca juga artikel lainnya :

Perbaikan antena penguat sinyal


cara mengatasi kartu sim tidak terbaca pada hp android Cara Mengatasi Sinyal HP Hilang Karena Kartu SIM Tidak Terbaca

 

Switch antena yang lemah, bukan berarti harus dilakukan suatu pergantian. Jika memang dana yang dimiliki sangat terbatas untuk membeli alat untuk memperkuat sinyal hp semoga tidak muncul panggilan darurat di hp android, maka kita bisa melaksanakan jumper switch antena tanpa harus mengganti IC PA. Peralatan yang dipersiapkan untuk Teknik Jumper ini ialah :
  • Solder berikut timah 0,3 mm
  • Cairan Flux
  • Kabel jumper 0,3 mm

Langkah yang dilakukan untuk jumper switch antena :

  1. Petama - tama lepaskan casing ponsel hingga tinggal PCB / Board Ponsel
  2. Lalu siapkan kabel jumper untuk disambung pada titik sempurna di IC PA
  3. Kemudian sehabis melaksanakan jumper, satukan kembali bagian-bagian ponsel ibarat semula.
  4. Langkah terakhir coba lihat perubahan pada ponsel sudah bisa dipakai dengan tangkapan sinyal yang lebih baik atau belum.

Hal yang harus anda perhatikan : Teknik jumper switch antena ini akan besar lengan berkuasa pada kemampuan ponsel dual grup band menjadi satu grup band saja, yakni 900 MHz. Trick ini disarankan hanya untuk menyiasati keterbatasan dana. Jika memang tidak ingin kehilangan kemampuan ponsel dual grup band menjadi satu grup band saja, maka alternatifnya ialah melaksanakan pergantian IC PA dengan yang baru.

Demikian postingan kami kali ini yang telah mengulas ihwal cara memperkuat sinyal hp untuk mendapatkan kembali sinyal hp yang sering tidak stabil ataupun hilang lantaran kartu sim tidak terbaca oleh ponsel itu sendiri. Jika anda kurang percaya diri untuk memperkuat sinyal hp android dengan cara diatas, anda sanggup mencoba cara lain mengatasi sinyal hp android yang lemah pada artikel kami selanjutnya. Sekian dan terima kasih ..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar