Jumat, 10 November 2017

Cara Ampuh Mengatur Waktu Belajar Dengan Baik

Mengatur waktu belajar


Cara Ampuh Mengatur Waktu Belajar Dengan Benar - Tips and Trick

Belajar adalah kebutuhan dan kewajiban bagi setiap pelajar. Dengan belajar kita dapat lebih memahami suatu materi. Kegiatan belajar harus di lakukan secara rutin atau berulang-ulang. Dengan belajar yang berulang-ulang kita tidak akan mudah untuk melupakan materi yang kita pelajari. Belajar tidak hanya bisa di lakukan di dalam  kelas, belajar dapat dilakukan secara mandiri ataupun berdiskusi bersama kelompok di tempat lain.

Sebagian orang mungkin merasa kesulitan untuk mengatur waktu belajarnya atau tidak tahu bagaimana harus belajar dengan baik agar materi yang dipelajari mudah dipahami. Waktu belajar juga dapat terganggu karna banyaknya kegiatan yang kita lakukan, namun waktu belajar sangat penting untuk diperhatikan, jika waktu belajar di atur dengan benar maka belajar akan lebih efisisen dan efektif.

Cara Mengatur Waktu Belajar Dengan Benar

1. Buatlah Jadwal Belajar

    Untuk dapat mengatur waktu belajar buatlah jadwal belajar, Penyusunan jadwal belajar sangat penting untuk dilakukan. Karna hal sepele ini sangat berpengaruh terhadap waktu yang anda gunakan dan apa saja yang akan anda pelajari.

2. Tetapkan Waktu Belajar

Setiap orang memiliki waktu belajar yang berbeda-beda. Cobalah tentukan waktu belajar yang sesuai dengan kriteria anda. Jika anda termasuk orang yang menyukai belajar dengan keadaan tenang, maka pilihlah waktu dimana saat anda mendapatkan ketenangan. Contoh anda dapat belajar pada saat malam hari atau saat subuh disaat yang lain tidu anda dapat belajar dengan tenang.

3. Apa yang Harus di Pelajari Lebih Dulu

Tanyakan pada diri anda apa yang harus anda pelajari terlebih dahulu dan tentukan mana pelajaran yang sulit dan mudah untuk di pelajari. Gunakan waktu yang lebih lama untuk memahami pelajaran yang sulit anda mengerti. Ulangi pelajaran yang sulit anda pahami pada jadwal selanjutnya agar anda benar-benar memahami materi tersebut.

4. Ulangi Pelajaran yang Anda Dapat di Kelas

Saat pulang sekolah cobalah untuk mengulang materi yang baru saja anda terima di kelas, karna materi yang baru anda terima jika di pelajari kembali anda akan lebih mudah untuk memahami dan mengingat materi tersebut.

5. Don't Waste Your time!

Jangan buang-buang waktu anda. Karna waktu sangat berharga, anda tidak dapat mengulang atau kembali pada waktu yang sudah anda lalui. Maka dari itu gunakan waktu anda sebaik-baiknya gunakan untuk kegiatan yang positif agar anda tidak menyesal di kemudian hari.


Demikian artikel tentang Cara Ampuh Mengatur Waktu Belajar Dengan Baik Semoga bermanfaat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar