Rabu, 23 Agustus 2017

Solusi Usb Otg Tidak Terbaca Di Android

OTG tidak terbaca di android - Bagaimana cara mengatasi usb otg tidak terbaca di hp android ? Sebagai pengguna smartphone android tentu kita pernah mengalami duduk kasus pada konektivitas otg yang error menyerupai tidak terbaca, tidak berfungsi maupun otg tidak terdeteksi pada ponsel android. Jika sudah terjadi error pada usb otg menyerupai ini tentu kita akan menerka sudah terjadi kerusakan pada kabel otg / flashdisk yang rusak maupun pada perangkat smartphone yang kita miliki. Untuk itu kita perlu menganalisa sumber permasalahan yang menciptakan flashdisk tidak sanggup terbaca di hp android tersebut.

Walaupun otg tidak terbaca di android marshmallow yang paling sering terjadi namun tidak menutup kemungkinan juga akan terjadi pada sistem operasi smartphone android lainnya. Biasanya tanda - tanda terjadinya otg tidak berfungsi di android ialah notifikasi android dan flashdisk sudah terdeteksi
akan tetapi flashdisk tidak sanggup konek dengan smartphone android. Lantas apa yang menjadi penyebab otg tidak sanggup konek yang mengakibatkan flashdisk otg tidak berfungsi di hp android tersebut ? Pada dasarnya sistem penyimpanan Flashdisk yang akan dihubungkan tidak cocok dengan smartphone sehingga flashdisk sulit untuk dibacalah yang menjadi penyebab usb otg tidak terbaca.

Oleh sebab itu pada kesempatan kali ini kami akan mencoba membuatkan tips untuk memperbaiki fitur otg yang tidak sanggup terdeteksi di android. Namun untuk melaksanakan langkah supaya flashdisk sanggup terdeteksi di hp android kita memerlukan dukungan perangkat komputer. Hal ini dikarenakan kita akan melaksanakan pemformatan pada flashdisk yang tidak sanggup berfungsi dengan memakai jenis format yang berbeda. Mari pribadi saja kita simak ulasan mengenai solusi supaya flashdisk sanggup terbaca di hp android secara lengkap dibawah ini.

Solusi USB OTG Tidak Terbaca Di Android

cara mengatasi usb otg tidak terbaca di hp android Solusi USB OTG Tidak Terbaca Di Android


Namun sebelum kita melaksanakan pemformatan dengan jenis yang berbeda pada flashdisk yang kita miliki, kita sanggup memastikan duduk kasus usb otg tidak sanggup terhubung atau konek memakai beberapa aplikasi smartphone android. Dibawah ini ialah beberapa aplikasi yang sanggup kita install untuk mengetahui solusi dan penyebab USB / media lainnya tidak sanggup terhubung ke kabel OTG, diantaranya :

1. OTG Troubleshooter

Aplikasi OTG Troubleshooter berfungsi untuk mendeteksi dan menunjukkan solusi pada duduk kasus yang berkaitan dengan Kabel OTG hp android yang kita miliki. Namun perlu untuk kita ketahui bahwa aplikasi ini tidak akan menampilkan file pada drive USB, melainkan hanya akan memverifikasi apakah kabel OTG yang akan kita hubungkan dalam kondisi baik dan support dengan ponsel / tablet kita. Berikut langkah - langkah untuk memakai aplikasi tersebut :

  1. Pertama - tama lepaskan kabel OTG kita dikala diminta oleh program.
  2. Setelah itu sambungkan kabel OTG kita dikala diminta oleh program.
  3. Jika semuanya OK, kita akan mendapat 4 tanda centang hijau. Jika tidak ada duduk kasus yang terjadi atau kita mendapat kurang dari 4 cek hijau, ketuk Info untuk mengetahui deskripsi masalah.

2. OTG Status
Selain itu juga masih ada aplikasi lainnya yaitu OTG Status dimana yang mempunyai fungsi yang tidak jauh berbeda dengan aplikasi sebelumnya, otg troubleshooter. Tujuan dari aplikasi ini ialah untuk mencari tahu apakah smartphone atau tablet mendukung kabel OTG anda atau tidak .

Akan tetapi kalau dengan pengecekan yang didapat dari aplikasi - aplikasi otg diatas memang menyatakan duduk kasus tidak berfungsinya fitur usb android berasal dari flashdisk, maka kita perlu untuk melaksanakan pemformatan terhadap FD otg tersebut.

Solusi supaya flashdisk otg sanggup terbaca di hp android


1. Hubungkan flashdisk pada PC dan lakukan back up data

Langkah pertama yang kita lakukan ialah dengan melaksanakan back up semua data yang ada pada flashdisk tersebut. Hal ini dikarenakan proses pada langkah berikutnya akan menghapus semua data yang ada pada FD OTG tersebut.

2. Pilih Format
cara mengatasi usb otg tidak terbaca di hp android Solusi USB OTG Tidak Terbaca Di Android


Untuk memperbaiki usb otg yang tidak berfungsi / terdeteksi di hp android, kita perlu melaksanakan perubahan format pada flash disk yang dipakai pada smartphone android. Dengan cara sebagai berikut :

  • Klik kanan mouse pada partisi Flashdisk >> pilih format

3. Ubah jenis File NTFS menjadi Fat32 (default)
cara mengatasi usb otg tidak terbaca di hp android Solusi USB OTG Tidak Terbaca Di Android


Kemudian kita rubah jenis file sistem dari NTFS ke Fat32 (default) lalu tekan Start.

4. Tunggu sampai proses selesai

Setelah proses perubahan format selesai, kita perlu untuk mencobanya dengan menghubungkan flashdisk pada ponsel android memakai otg kembali. Pastikan notifikasi error tidak muncul kembali dengan begitu proses yang kita lakukan telah berhasil.

Note :
Jika cara ini tidak berhasil, berarti memang Hp android yang kita miliki memang tidak support dengan kabel OTG.

baca juga : 

Demikian langkah - langkah untuk memperbaiki otg tidak terdeteksi di hp android yang sanggup kami berikan pada pertemuan kali ini. Semoga dengan cara diatas sanggup menciptakan flashdisk sanggup terbaca di smartphone android yang kita miliki, sekian dan terima kasih ..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar